Market
mengandung makna arti kata pasar yang secara etimologi dapat difinisi dari
pertemuan setiap induvidu untuk mendapatkan kebutuhan atau tukar menukar produk
atau hasil melalui melakukan transaksi satu sama lain. Pasar juga mempertemukan
antara produsen dan konsumen yang saling berinteraksi untuk melakukan suatu
kesepakatan jual beli yang menguntungkan kedua pihak.
Istilah
market atau pasar sudah dikenal sejak lahirnya
peradaban manusia ada dari masa peradaban masih hidup terbelakang sampai modern dewasa ini sudah
ada. Pada masa lalu Perdagangan dilakukan secara barter atau tukar menukar antara pedagang dengan
pedagang lainnya berupa kebutuhan pokok sesuai kebutuhan manusia saat itu.Pasar
dewasa ini dapat dikatagorikan pasar tradisional,pasar Modern dan Pasar dijual
barang secara direct sell maupun indirect sell dengan mengunakan transaksi secara online.Proses jual beli sekarang ini memberikan sangat kemudahan
seseorang untuk mendapatkan keinginan
yang dinginkan dengan kualitas dan harga
yang sesuai tingkat kebutuhannya sesuai tingkat kemajuan masyarakat dan
tehnolog.
Market
atau pasar modern yang dikenal
masyarakat tidak hanya tempat mendapatkan kebutuhan seseorang akan tetapi pasar
adalah dijadikan sebagai tempat
releksasi atau kesenangan menghilangkan kepenatan berpikir atau
pekerjaan kantor.dan hampir di kota kota
besar sekarang banyak pengembang atau developer properti membangun pasar modern dengan fasilitas mendukung
pengunjungnya untuk melangkahkan ke tempat tersebut berupa fasilitas yang
nyaman dengan asesori dan equipment mendukung orang lain menikmatinya berupa
kelengkapan kebutuhan seperti Fashion,kuliner
dan game untuk anak anak yang didesain sebegitu rupa. Pasar Modern
dikenal oleh masyarakat perkotaan dengan istilah mall.Dan untuk mendukung pasar
modern itu mudah diakses tentu saja harus infrastruktur jalan menunjang lokasi
tersebut.Pembangunan infrastruktur jalan itu sangat penting disaat crowded arus
transportasi yang macet dan tidak
menyenangkan sebagian kalangangan masyarakat.
Masyarakat modern mempunyai pandangan bahwa kenyaman dan
ketenangan dalam melakukan aktivitas harus ditunjang oleh releksasi hidup
melalui shoping atau menikmati gaya trend hidup modern.Dalam satu anologi hidup
dinyatakan bahwa ketenangan hidup privasi seseorang harus seimbang aktivitas
pekerjaan dengan income diperoleh dengan
kelayakan mendapatkan apa yang diperoleh dari pekerjaannnya sehingga berjamurnya pasar modern dan mal dengan kompetitif terhadap fasilitas akan menuntut pengembang developer
properti membangun pasar modern dengan menempatkan bangunan tempat tinggal atau
apartemet.Pengembang Seperti Group group besar berlomba –lomba membangun pasar
modern sekaligus tempat tinggal
yang makin menjamur di kota kota
besar.Pengembang Pasar modern dengan membangun pasar modern adalah memberikan khalayak ramai pelayanan dan fasilitas menempatkan
konsument atau pengunjung sebagai raja
dimana produsen selalu memberikan pelayanan yang baik dan untuk melirik pangsa
pasar kalangan eksekutif muda dan havest para pengembang developer dan
produsen produk mengeluarkan budget anggaran untuk iklan dan promosi kadang harus mengeluarkan ongkos yang besar untuk
menarik konsumen datang dan membeli produk
yang dihasilkannya.Dengan promosi yang gencar dengan budget anggaran yang mengharuskan
ongkos biaya lain lain dalam menjual
produk , produsen mengkulkulasi anggaran
produksi dan promosi dengan profit yang diperoleh bargaining Revenue antara
cost dan profit. Omset penjualan yang besar dari imbas promosi dan iklan
dilakukan maka asumsi produsen adalah omset penjualan akan lebih besar dan
keuntungan diperoleh akan sebanding yang diperoleh perusahann dari ongkos dikeluarkan untuk meningkatkan omset
penjualaan di pasar.
Hubungan
yang pasar dan manusia sangat hubungan
antara strategi pemasaran dengan tingkat pendapatan. Sangat
mempengaruhi sekali promosi terhadap produk dihasilkan sebanding dengan ongkos dikeluarkan.Hal
itu menuntut produsen menemukan trik-trik terbaik promosi dengan pendekatan
marketing berbiaya rendah dan mengajak orang lain menarik konsumen memberikan promosi
pada orang lain.Kekuatan atau power yang diperoleh dari konsumen untuk untuk datang dan membawa pesan pesan terhadap
poduk atau jasa memberikan kenyaman dan citra rasa dari produk yang dihasilkan.
Teori
Strategi pemasaran banyak sudah diperkenalkan dan formulasi dikemukan oleh para pakar ekonomi serta ulasan ulasan
oleh marketing professional.Teori pemasaran bertujuan dalam rangka menggaet dan menangkap konsumen
agar tertarik terhadap suatu produk.Teori
ini dikemukan oleh pakar pakar marketing berlandaskan pada teori teori
marketing dengan kajian keilmuan secara impiris atau pengalaman
pengalaman pelaku pasar yang dialaminya.
Salah satu model strategi marketing adalah
model strategi makerting dengan indetitas pada image Human low in cost atau jika
diterjemahkan dalah bahasa Indonesia adalah
stratergi pecitraan timbal balik dari sesama konsumen.Strategi Markerting ini tidak lepas
bentuk dari citra diri.
Strategi
marketing image human low in cost sebenarnya sudah banyak dikemukakan dan disampaikan dari pandangan para ahli marketing akan tetapi dalam strategi
yang diungkapkan dalam buku ini kaitan bentuk pencitraan dengan memberikan
ongkos termurah murahnya oleh produsen
memasarkan produknya melalui konsumennya sendiri atau kegiatan kegiatan lainnya
membangun kepercayaan publik pada seseorang..
Strategi
ini juga dapat diaplikasikan pada bidang sosial politik dalan kontek
memperkenalkan citra orang lain melalui aksi atau program yang disampaikan
menggugah orang lain untuk mengenalnya lebih dekat dan akhirnya seseorang itu
menjadi popular.
Kupasan kupasan yang akan disampaikan dalam buku ini akan digambarkan
secara detil berdasarkan pemahaman
menangkap isu atau perkembangan tehnologi informatika dan era globilasasi serta
fenomena fenomena yang berkembang.( low in cost Image Human Strategy Marketing Isue by Ismail Ahmad )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar