Jika ada muncul pertanyaan pada orang lain mengapa
ketertarikan anda lebih suka berbelanja
di Mall - mall,dibandingkan pasar pasar tradisional produk yang dicari juga ada
dan mungkin lebih murah dan bisa dilakukan
tawar menawar tentu saja jawaban yang keluar mulut anda menyatakan bahwa
belanja dimal lebih nyaman,aman dan dibangun suasana memberikan ketenangan
orang untuk berbelanja.
Masyarakat
kelas havest tidak selalu mengharapkan produk dengan harga murah atau masih
melakukan transaksi tawar menawar untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan dan
harus berdesak desakan mengantri namun yang diharapkan pasar atau market bersih
dan adanya jaminan pada konsumen..Banyak faktor – faktor yang menyebabkan orang
tidak suka di pasar tradisional lebih cenderung memilih belanja di mall mall.Faktor yang
mungkin dilihat sudut pandang masyarakat kota besar barang kali juga disebabkan
:
1) Gaya
hidup
Gaya hidup masyarakat modern pada hakekatnya
diinginkan adalah praktis dan tidak terlalu komplikit dalam hasrat memenuhi
kebutuhan hidup.Gaya hidup semua penuh praktis tersebut menuntun orang untuk
mendapat kebutuhan sehari hari dengan segera diperoleh sesuai yang diinginkann dan tidak terlalu ribet mencari
kebutuhannya dari satu tempat ke tempat
lainnya akan satu lokasi semua yang
diinginkan tersedia.Tidak harus mencari cari suatu produk ke tempat
lain.Masyarakat di dunia barat pemusatan satu lokasi belanja banyak dapat dilihat
misalnya Carefour sebuah perusahaan retail dari perancis atau juga di Korea
Lotte mart menyediakan semua kebutuhan baik kebutuhan pokok sampai perlengkapan
lainnya.
Psar Tradisional bisanya Untuk mendapatkan fashion ke
konsumen harus ke bagian fashion,atau kebutuhan
pokok harus keliling dari toko ke toko lainnya
atau mendapatkan perangkat stationer seperti dilakukan di pasar pasar
tradisional.Keberadaan tempat yang menjual semua produk dalam satu tempat atau
pasar modern lebih banyak disukai dan mereka lebih senang belanja disana.Pasar
modern yang sudah menjamur di kota kota besar baik itu retail sekala besar
maupun sekala sedang jika kita mengujungi suatu tempat pasti kita akan temukan.Pasar
modern yang sudah kenal familiar secara human image nyaman,murah dan harga bersaing dari pada
tokoh toko pasar tradisional yang sering
dijumpai kota besar di Indonesia sudah dekat
konsumen misalnya Carefourt,Matahari,Hero
atau Giant dan Hippermart. Tempat- tempat tersebut diatas sebagai tempat favorit belanjanya di kota kota
besar di Indonesia. Berbelanja di pasar
modern telah menjadi kebutuhan gaya
hidup modern dan pratige.Tingkatan sosial dan kemampanan seseorang yang terbangun dari pasar modern menunjukkan
tingkat kelas, walaupun hal itu tidak menjamin bahwa orang memiliki pendapatan tinggi bisa berbelanja disana akan tetapi gaya
hidup masyarakat modern.Ktertarikan orang lain mengunjungi atau belanja di
tempat pasar modern biasanya datangnya dari kesan atau pengalaman orang lain
mengujunginnya atau sebuah pencitraan atau testimoni konsumen yang pernah datang
kesana kemudian membangun image kepada orang lain untuk mengunjunginya atau
cerita secara berantai saling pengaruh mempengaruhi..
“affects one person and one other person of influence
the person's desire to build the imaging”
2) Kenyamanan
Kenyamanan hal yang penting dan sangat pokok dibutuhkan seseorang mencari kebutuhan sehari
harinya.kenyamanan tersebut tergantung fasilitas fasilitas yang diperoleh secara baik
dengan tata lingkungan,bangunan ditata secara modern.Lokasi bersih jauh dari
kesan kotor,lusuh dan kedap suara dan situasi yang memberikan kesan dengan tata cahaya lampu yang gemerlap
memberikan satu keistimewaan orang untuk datang dan melakukan belanja ke tempat
tersebut dan secara terus menerus akan
mendatanginya
Kenyamanan berbelanja sering menjadi unggulan dan dinomor
satukan oleh pengelola pasar atau mall mall untuk menarik orang untuk shopping
mendatangi tersebut.
Jakarta sebagai salah kota modern di Asia Tenggara dan merupakan ibukota kota Negara pasar modern
atau mal menjamur dimana mana dan di kota kota besar di Indonesia lainnya yang
menjadi kota metropolitan lainya di Seluruh
Indonesia telah bermunculan pasar modern
dan fasilitas yang mendukung pengunjung untuk datang kesana Kata nyaman banyak
mengandung pengertian untuk diartikan berdasarkan penafsiran masing masing.,
pemahaman nyaman adalah satu kondisi orang merasa tidak terusik oleh ekses
ekses secara sosial dan psikologis akan mempengaruhinya. Kenyaman dapat
diartikan ketika orang lain pergi ke pasar modern dapat melihat estalase produk
di jual dan mengangguminya sambil menikmati suasana disana atau hanya sekedar
untuk cuci mata. Pasar modern untuk menari orang datang memberikan kenyaman
pada konsumen dengan estitika suasana interior gedung atau juga udara yang
sejuk dengan tidak harus panas berdesak desakan mengunjunginya,Banyak yang
dilakakukan oleh pengembang pasar modern memanjakan konsumen dan untuk memberikan
pelayanan itu tidak murah yang harus
dikeluarkan oleh pengelola untuk menarik pengunjung untuk datang dan play efect
dari tentu saja pengembang punya kulkulasi keuntungan jika pasar tersebut banyak dikunjungi oleh
konsumen sehingga bisa ditebak pengembang akan menjual tiap meter space dijual pada produsen yang akan menjual
produknya..Pasar yang sudah oleh developer properti.Pasar Modern dibangun dimana – mana satu sama lain
bersaing akan tetapi konsep pasar modern
yang menawarkan kesan berpantasi dan menjadi tempat yang berkesan.Pasar modern yang
terbangun dan memiliki image secara historis sebagai tempat kalangan atas
walaupn dimana mana bertebaran pasar modern namun punya daya tarik tetentu
misalnya Sarinah dan pasar raya.Satu
alasan mengapa sarinah dan pasar raya tetap eksis disebabkan ada faktor
spesifik tersendiri seperti adanya produk dalam negeri yang memiliki kualitas
dan menarik tersedia seperti di Sarinah tersedia kerajinan tradisional dan
batik batik yang terjamin kualitasnya.
Bentuk kenyaman diperoleh seseorang berdasarkan rasa dan apa
yang dirasakan orang tersebut dari
fasilitasi fasilitasi yang diperolehnya.
3) Keamanan
Kunci dari pasar modern adalah rasa aman dan tidak
mendapatkan gangguan dari orang orang yang tidak bertangung jawab.Keamanan seseorang
yang terpenting adalah setiap melakukan transaksi memenuhi kebutuhannya tidak
mendapatkan rasa was was akan diganggung atau mendapatkan kerugian ketika
mendatangi suatu tempat walaupun rasa aman tergantung kewaspadaan orang
tersebut.Ketika orang lain sulit mendapatkan perasaan tidak aman akan mempengaruhi orang lain untuk
beranjak kakinya pergi ke lokasi yang
sama dianggapnya tidak aman.Keamanan suatu
tempat bukan berarti bahwa setiap lokasi harus ada satuan keamanan berada dimana
mana namun keamanan yang dinginkan oleh konsumen adalah mendapatkan perlindungan dari sudut pribadi
dan secara umum dari hal yang tidak dinginkan.Sering kita mendengar istilah
Warning Traffic,artinya peringatan perjalanan bagi orang untuk mengunjungi
tempat tersebut. Kesan pertama seseorang melakukan kunjungan ke lokasi tertentu
akan menjadi human image.Keamanan yang baik adalah hal yang sangat penting
terhadap pencitraan orang lain pada suatu tempat dan ia akan memberikan
informasi yang sama pada orang lain
melalui pesan - pesan “hati hati jika kamu kesana,jaga dompetmu”inilah satu
image kesan negative yang akan terus berkesan dan dicap oleh orang orang
kesana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar