Sabtu, 20 September 2008


civil society and to empowering

dalam masa globlasisasi dewasa ini perkembangan ilmu penetahuan telah mengubah pola pandang hidup suatu negara.keterbelakangan tehnologi akan membuat suatu negara menjadi sasaran negara maju terutama dalam persaingan industri.
Dalam kehidupan negara dan bernegara dituntut adanya kemampuan daya saing sumber daya manusia sehingga negara yang memiliki sumber daya yang memiliki ketrampilan akan lebih maju dibandingakan negara berkembang. disamping dituntutnya sumber daya manusia yang handal akan tetapi pemerintahan harus memperhatikan masyarakat sebagai pelayan masyarakat sehingga SDM yang bagus dan Sistem pemerintahan yang baik akan merakibat negara dikatakan sebagai negara yang berdemokrasi.
Hubungan antara masyarakat madani dan pemberdayaan mempunyai hubugan yang sangat erat dan saling berhubungan.Pemerintah yang peduli terhadap masyarakat dan masyarakat berperan aktif akan berdampak pada stabilitas politik yang stabil
Alam kerterbukaan bukanlah pemerintahan tirani dan pemberdayaan juga bukanlah mendayakan masyarakat untuk kepentingan golongan dan politik.banyak kasus terjadi justru masyarakat dijadikan alat kepentingan suatu kelompok. memberdayakan masyarakat berarti menjadikan masyarakat pandai dan tanggap terhadap situasi sekelilingnya sehingga bila terjadi gejolak sosial masyarakat dapat mengatasinya,bukan kertika masalah muncul barulah dijadikan komoditi proyek.
Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan pelatihan yang berguna dan bermamfaat untuk peningkatan pengetahuan dan ketrampilan.sekarang masih banyak tenaga dipemerintahan yang tidak memiliki ketrampilan yang memadai sehingga penyusunan laporan dan anggraran belanja harus dirumuskan berbulan bulan.Pelatihan-pelatihan yang kontinui akan memciptakan semakin ahlinya masyarakat dan aparat dalam memnyusun rencana yang up to date dan menciptakan hal baru.

Menciptakan pemerintahan yang civil sociaty atau masyarakat madani tidak terlepas memberdayakan masyarakat dengan ketrampilan dan mekanisme yang baik,bila hal tersebut terlaksana secra sistematis maka cita cita mensejahterakan masyarakat bukan isapan jempol dengan angka angka stastistik akan tetapi real dilapangann

oleh ismail Spd
ketua ISRA Foundation

Tidak ada komentar: