Jumat, 31 Oktober 2014

Market And Human

Market  mengandung makna  arti kata  pasar  yang secara etimologi dapat difinisi dari pertemuan setiap induvidu untuk mendapatkan kebutuhan atau tukar menukar produk atau hasil melalui melakukan transaksi satu sama lain. Pasar juga mempertemukan antara produsen dan konsumen yang saling berinteraksi untuk melakukan suatu kesepakatan jual beli yang menguntungkan kedua pihak.
Istilah market atau pasar sudah dikenal  sejak lahirnya peradaban manusia ada dari masa peradaban masih hidup  terbelakang sampai modern dewasa ini sudah ada. Pada masa lalu Perdagangan  dilakukan secara barter  atau tukar menukar antara pedagang dengan pedagang lainnya berupa kebutuhan pokok sesuai kebutuhan manusia saat itu.Pasar dewasa ini dapat dikatagorikan pasar tradisional,pasar Modern dan Pasar dijual barang secara direct sell maupun indirect sell dengan mengunakan  transaksi secara online.Proses jual beli  sekarang ini memberikan sangat kemudahan seseorang untuk mendapatkan  keinginan yang dinginkan  dengan kualitas dan harga yang sesuai tingkat kebutuhannya sesuai tingkat kemajuan masyarakat dan tehnolog.
Market atau pasar modern  yang dikenal masyarakat tidak hanya tempat mendapatkan kebutuhan seseorang akan tetapi pasar adalah  dijadikan sebagai  tempat  releksasi atau kesenangan menghilangkan kepenatan berpikir atau pekerjaan kantor.dan hampir  di kota kota besar sekarang banyak pengembang atau developer properti membangun  pasar modern dengan fasilitas mendukung pengunjungnya untuk melangkahkan ke tempat tersebut berupa fasilitas yang nyaman dengan asesori dan equipment mendukung orang lain menikmatinya berupa kelengkapan kebutuhan seperti Fashion,kuliner  dan game untuk anak anak yang didesain sebegitu rupa. Pasar Modern dikenal oleh masyarakat perkotaan dengan istilah mall.Dan untuk mendukung pasar modern itu mudah diakses tentu saja harus infrastruktur jalan menunjang lokasi tersebut.Pembangunan infrastruktur jalan itu sangat penting disaat crowded arus transportasi yang macet  dan tidak menyenangkan sebagian kalangangan masyarakat.

 Masyarakat  modern mempunyai pandangan bahwa kenyaman dan ketenangan dalam melakukan aktivitas harus ditunjang oleh releksasi hidup melalui shoping atau menikmati gaya trend hidup modern.Dalam satu anologi hidup dinyatakan bahwa ketenangan hidup privasi seseorang harus seimbang aktivitas pekerjaan  dengan income diperoleh dengan kelayakan mendapatkan apa yang diperoleh dari pekerjaannnya sehingga  berjamurnya pasar modern dan mal  dengan kompetitif terhadap  fasilitas akan menuntut pengembang developer properti membangun pasar modern dengan menempatkan bangunan tempat tinggal atau apartemet.Pengembang Seperti Group group besar berlomba –lomba membangun pasar modern sekaligus  tempat tinggal yang  makin menjamur di kota kota besar.Pengembang Pasar modern dengan membangun pasar modern adalah memberikan  khalayak ramai pelayanan dan fasilitas menempatkan konsument atau pengunjung  sebagai raja dimana produsen selalu memberikan pelayanan yang baik dan untuk melirik pangsa pasar  kalangan eksekutif  muda dan havest para pengembang developer dan produsen produk mengeluarkan budget anggaran untuk iklan dan promosi  kadang  harus mengeluarkan ongkos yang besar untuk menarik  konsumen datang dan membeli produk yang dihasilkannya.Dengan promosi yang gencar dengan budget anggaran yang mengharuskan ongkos biaya  lain lain dalam menjual produk , produsen  mengkulkulasi anggaran produksi dan promosi dengan profit yang diperoleh bargaining Revenue antara cost dan profit. Omset penjualan yang besar dari imbas promosi dan iklan dilakukan maka asumsi produsen adalah omset penjualan akan lebih besar dan keuntungan diperoleh akan sebanding yang diperoleh  perusahann  dari   ongkos dikeluarkan untuk meningkatkan omset penjualaan di pasar.
Hubungan yang pasar dan manusia  sangat hubungan antara  strategi  pemasaran dengan tingkat pendapatan. Sangat mempengaruhi sekali  promosi terhadap   produk  dihasilkan sebanding dengan ongkos dikeluarkan.Hal itu menuntut produsen menemukan trik-trik terbaik promosi dengan pendekatan marketing berbiaya rendah dan mengajak orang lain menarik konsumen memberikan promosi pada orang lain.Kekuatan atau power yang diperoleh dari konsumen untuk  untuk datang dan membawa pesan pesan terhadap poduk atau jasa memberikan kenyaman dan citra rasa dari produk yang dihasilkan.
Teori Strategi pemasaran banyak sudah diperkenalkan dan formulasi dikemukan  oleh para pakar ekonomi serta ulasan ulasan oleh marketing professional.Teori pemasaran bertujuan  dalam rangka menggaet dan menangkap konsumen agar  tertarik terhadap suatu produk.Teori ini dikemukan oleh pakar pakar marketing berlandaskan pada  teori  teori marketing  dengan  kajian keilmuan secara impiris atau pengalaman pengalaman pelaku pasar  yang dialaminya. Salah satu model  strategi marketing adalah model strategi makerting dengan indetitas pada  image Human low in cost atau jika diterjemahkan dalah bahasa Indonesia adalah  stratergi pecitraan timbal balik dari sesama  konsumen.Strategi Markerting ini tidak lepas bentuk dari citra diri.
Strategi marketing  image human low in cost  sebenarnya sudah banyak dikemukakan dan  disampaikan dari pandangan  para ahli marketing akan tetapi dalam strategi yang diungkapkan dalam buku ini kaitan bentuk pencitraan dengan memberikan ongkos termurah murahnya oleh  produsen memasarkan produknya melalui konsumennya sendiri atau kegiatan kegiatan lainnya membangun kepercayaan publik pada seseorang..
Strategi ini juga dapat diaplikasikan pada bidang sosial politik dalan kontek memperkenalkan citra orang lain melalui aksi atau program yang disampaikan menggugah orang lain untuk mengenalnya lebih dekat dan akhirnya seseorang itu menjadi popular.

Kupasan kupasan yang akan  disampaikan dalam buku ini akan digambarkan secara detil  berdasarkan pemahaman menangkap isu atau perkembangan tehnologi informatika dan era globilasasi serta fenomena fenomena yang berkembang.( low in cost Image Human Strategy Marketing Isue by Ismail Ahmad )

Tidak ada komentar: