Jumat, 31 Oktober 2014

Mengapa Seseorang menyakini terhadap suatu Market


Jika  ada muncul pertanyaan pada orang lain mengapa ketertarikan anda  lebih suka berbelanja di Mall - mall,dibandingkan pasar pasar tradisional produk yang dicari juga ada dan mungkin  lebih murah dan bisa dilakukan tawar menawar tentu saja jawaban yang keluar mulut anda menyatakan bahwa belanja dimal lebih nyaman,aman dan dibangun suasana memberikan ketenangan orang untuk berbelanja.
Masyarakat kelas havest tidak selalu mengharapkan produk dengan harga murah atau masih melakukan transaksi  tawar menawar  untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan dan harus berdesak desakan mengantri namun yang diharapkan pasar atau market bersih dan adanya jaminan pada konsumen..Banyak faktor – faktor yang menyebabkan orang tidak suka di pasar tradisional lebih cenderung  memilih belanja di mall mall.Faktor yang mungkin dilihat sudut pandang masyarakat kota besar barang kali juga disebabkan  :


1)   Gaya hidup
Gaya hidup masyarakat modern pada hakekatnya diinginkan adalah praktis dan tidak terlalu komplikit dalam hasrat memenuhi kebutuhan hidup.Gaya hidup semua penuh praktis tersebut menuntun orang untuk mendapat kebutuhan sehari hari dengan segera diperoleh sesuai  yang diinginkann dan tidak terlalu ribet mencari kebutuhannya dari satu tempat  ke tempat lainnya akan  satu lokasi semua yang diinginkan tersedia.Tidak harus mencari cari suatu produk ke tempat lain.Masyarakat di dunia barat pemusatan satu lokasi belanja banyak dapat dilihat misalnya Carefour sebuah perusahaan retail dari perancis atau juga di Korea Lotte mart menyediakan semua kebutuhan baik kebutuhan pokok sampai perlengkapan lainnya.

Psar Tradisional bisanya Untuk mendapatkan fashion ke konsumen harus ke  bagian fashion,atau kebutuhan pokok harus keliling dari toko  ke toko lainnya atau mendapatkan perangkat stationer seperti dilakukan di pasar pasar tradisional.Keberadaan tempat yang menjual semua produk dalam satu tempat atau pasar modern lebih banyak disukai dan mereka lebih senang belanja disana.Pasar modern yang sudah menjamur di kota kota besar baik itu retail sekala besar maupun sekala sedang jika kita mengujungi suatu tempat pasti kita akan temukan.Pasar modern yang sudah kenal familiar secara human image  nyaman,murah dan harga bersaing dari pada tokoh toko pasar tradisional  yang sering dijumpai  kota besar di Indonesia sudah dekat konsumen misalnya  Carefourt,Matahari,Hero atau Giant dan Hippermart. Tempat- tempat tersebut diatas  sebagai tempat favorit belanjanya di kota kota besar di Indonesia. Berbelanja   di pasar modern telah menjadi  kebutuhan gaya hidup modern dan pratige.Tingkatan sosial dan kemampanan  seseorang  yang terbangun dari pasar modern menunjukkan tingkat kelas, walaupun hal itu tidak menjamin bahwa orang memiliki pendapatan  tinggi bisa berbelanja disana akan tetapi gaya hidup masyarakat modern.Ktertarikan orang lain mengunjungi atau belanja di tempat pasar modern biasanya datangnya dari kesan atau pengalaman orang lain mengujunginnya atau sebuah pencitraan atau testimoni konsumen yang pernah datang kesana kemudian membangun image kepada orang lain untuk mengunjunginya atau cerita secara berantai saling pengaruh mempengaruhi..
“affects one person and one other person of influence the person's desire to build the imaging”

2)   Kenyamanan
Kenyamanan hal yang penting dan sangat pokok  dibutuhkan seseorang mencari kebutuhan sehari harinya.kenyamanan tersebut tergantung   fasilitas fasilitas yang diperoleh secara baik dengan tata lingkungan,bangunan ditata secara modern.Lokasi bersih jauh dari kesan kotor,lusuh dan kedap suara dan situasi yang memberikan kesan  dengan tata cahaya lampu yang gemerlap memberikan satu keistimewaan orang untuk datang dan melakukan belanja ke tempat tersebut  dan secara terus menerus akan mendatanginya
Kenyamanan berbelanja sering menjadi unggulan dan dinomor satukan oleh pengelola pasar atau mall mall untuk menarik orang untuk shopping mendatangi tersebut.

Jakarta sebagai salah kota modern di Asia Tenggara  dan merupakan ibukota kota Negara pasar modern atau mal menjamur dimana mana dan di kota kota besar di Indonesia lainnya yang menjadi kota  metropolitan lainya di Seluruh Indonesia telah bermunculan  pasar modern dan fasilitas yang mendukung pengunjung untuk datang kesana Kata nyaman banyak mengandung pengertian untuk diartikan berdasarkan penafsiran masing masing., pemahaman nyaman adalah satu kondisi orang merasa tidak terusik oleh ekses ekses secara sosial dan psikologis akan mempengaruhinya. Kenyaman dapat diartikan ketika orang lain pergi ke pasar modern dapat melihat estalase produk di jual dan mengangguminya sambil menikmati suasana disana atau hanya sekedar untuk cuci mata. Pasar modern untuk menari orang datang memberikan kenyaman pada konsumen dengan estitika suasana interior gedung atau juga udara yang sejuk dengan tidak harus panas berdesak desakan mengunjunginya,Banyak yang dilakakukan oleh pengembang pasar modern  memanjakan konsumen dan untuk memberikan pelayanan itu  tidak murah yang harus dikeluarkan oleh pengelola untuk menarik pengunjung untuk datang dan play efect dari tentu saja pengembang punya kulkulasi keuntungan  jika pasar tersebut banyak dikunjungi oleh konsumen sehingga bisa ditebak pengembang akan menjual tiap meter space  dijual pada produsen yang akan menjual produknya..Pasar yang sudah oleh developer properti.Pasar  Modern dibangun dimana – mana satu sama lain bersaing akan tetapi konsep  pasar modern  yang menawarkan kesan berpantasi dan  menjadi tempat yang berkesan.Pasar modern yang terbangun dan memiliki image secara historis sebagai tempat kalangan atas walaupn dimana mana bertebaran pasar modern namun punya daya tarik tetentu misalnya  Sarinah dan pasar raya.Satu alasan mengapa sarinah dan pasar raya tetap eksis disebabkan ada faktor spesifik tersendiri seperti adanya produk dalam negeri yang memiliki kualitas dan menarik tersedia seperti di Sarinah tersedia kerajinan tradisional dan batik batik yang terjamin kualitasnya.
Bentuk kenyaman  diperoleh seseorang berdasarkan rasa dan apa yang dirasakan  orang tersebut dari fasilitasi fasilitasi yang diperolehnya.

3)   Keamanan

Kunci dari pasar modern adalah rasa aman dan tidak mendapatkan gangguan dari orang orang yang tidak bertangung jawab.Keamanan seseorang yang terpenting adalah setiap melakukan transaksi memenuhi kebutuhannya tidak mendapatkan rasa was was akan diganggung atau mendapatkan kerugian ketika mendatangi suatu tempat walaupun rasa aman tergantung kewaspadaan orang tersebut.Ketika orang lain sulit  mendapatkan perasaan  tidak aman akan mempengaruhi orang lain untuk beranjak kakinya pergi ke lokasi  yang sama  dianggapnya tidak aman.Keamanan suatu tempat bukan berarti bahwa setiap lokasi harus ada satuan keamanan berada dimana mana namun  keamanan  yang dinginkan oleh konsumen adalah  mendapatkan perlindungan dari sudut pribadi dan secara umum dari hal yang tidak dinginkan.Sering kita mendengar istilah Warning Traffic,artinya peringatan perjalanan bagi orang untuk mengunjungi tempat tersebut. Kesan pertama seseorang melakukan kunjungan ke lokasi tertentu akan menjadi human image.Keamanan yang baik adalah hal yang sangat penting terhadap pencitraan orang lain pada suatu tempat dan ia akan memberikan informasi yang sama  pada orang lain melalui pesan - pesan “hati hati jika kamu kesana,jaga dompetmu”inilah satu image kesan negative yang akan terus berkesan dan dicap oleh orang orang kesana.

Tidak ada komentar: